Apa saja sih gejala dan juga penyebab yang memicu kanker darah?

Penyakit kanker darah merupakan salah satu penyakit ganas. Penyakit kanker darah ini bisa diketahui dengan adanya pertanda yaitu semakin meningkatnya sel darah putih yang abnormal. Atau bisa dikatakan meningkatnya sel darah putih yang tidak normal yang terdapat pada aliran darah.

gejala dan penyebab kanker darah

Nah, ketika fungsi sumsum tulang belakang yang diakibatkan adanya infiltrasi dalam jumlah besar dan akhirnya sel darah merah, sel darah putih dan juga trombosit tidak dapat lagi diproduksi oleh sumsum tulang.

Apabila kejadian penurunan jumlah sel darah putih ini, sistem kekebalan tubuh juga ikut mengalami penurunan.

Lalu, apa seperti apa saja gejala yang dapat dialami dalam penyakit kanker darah ini?

  1. Kekurangan darah. Kekurangan darah atau yang biasa disebut dengan istilah anemia adalah gejala yang dapat dialami oleh penderita kanker darah. Tubuhnya akan cepat merasakan lelah walaupun hanya melakukan aktivitas yang ringan sekalipun. 
  2. Terjadinya infeksi. Elemen yang melindungi daya tahan tubuh adalah sel darah putih. Selain itu juga, sel darah putih berperan untuk melawan adanya infeksi. Pada penderita kanker darah khususnya, mereka mengalami penurunan jumlah sel darah putih, sehingga mudah sekali terkena infeksi.
  3. Timbulnya rasa sakit pada area perut. Adanya rasa sakit pada perut ini disebabkan karena menumpuknya sel leukemia dalam hati, empedu dan juga pada ginjal. Sehingga terjadi adanya pembesaran pada organ-organ tempat sel leukemia tersebut berkumpul dan pada akhirnya timbul rasa sakit.
Adapun hal yang dapat menyebabkan terjadinya kanker darah adalah salah satunya dari radiasi, adanya pengaruh yang diakibatkan dari racun dan bahan kimia, pengaruh insektisida dari sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsi, obat-obatan, dan masih banyak lagi.

sumber: http://rohaminaherba.com/